(024) - 7474698 fpik@undip.ac.id

Dalam rangkaian program Kedaireka Matching Fund 2022, kemitraan dengan PT. Bhimasena Power Indonesia, dosen-dosen Departemen Ilmu Kelautan bersama tim KKN UNDIP binaan program tersebut, bersama-sama melakukan bersih pantai di Pantai Muara Rejo. Kegiatan ini dikoordinasi oleh Dr. Munasik bersama tim Magang, dan turut dihadiri oleh Dr. Rudhi Pribadi, dan Dr. Dwi Haryanti dari Departemen Ilmu Kelautan UNDIP; Senior Manager CSR BPI, Bhayu Pamungkas; Kepala Urusan Perencanaan Desa Depok Batang, Bapak  Agus; Perwakilan Kec. Batang; Perwakilan DLH; serta Perwakilan LPPM UNDIP.

Pembukaan kegiatan bersih pantai oleh Dr. Munasik

Selain pemerintah desa dan instansi terkait, turut hadir juga dalam acara tersbut, staf dari Bank Sampah Desa Depok,   Perwakilan POKDARWIS Desa Depok, perwakilan Forum kesehatan Desa Depok, perwakilan Perpustakaan Desa Depok, Dislutkannak, Dispapora serta siswa-siswi sekolah dasar MI Nurul Ulum Depok.

Kegiatan dibuka oleh Dr. Munasik yang menyampaikan harapanya agar  bersih pantai yang merupakan bagian dari kegiatan Kedaireka Matching Fund dapat berjalan lancar dan mendukung penerapan Blue Economy dalam meningkatkan kapasitas masyarakat untuk mengolah sampah rumah tangga.

Dalam kesempatan ini, Kepala Urusan Perencanaan Desa Depok juga menjelaskan bahwa Pantai Muara Rejo, yang merupakan wilayah Desa Depok memiliki garis pantai terpanjang yaitu 5 km dibandingkan kedua desa lain di sekitarnya, sehingga memiliki potensi wisata yang besar.


Siswa-Siswi SD MU Nurul Ulum Desa Depok turut serta dalam kegiatan bersih pantai

Kegiatan bersih pantai dilakukan di sepanjang Pantai Muara Rejo melibatkan seluruh peserta, didampingi oleh mahasiswa KKN UNDIP dan dipandu oleh tim Magang Kedaireka dan Dr. Rudhi Pribadi.  Selama kurang lebih satu jam, peserta berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 127,2 Kilogram yang terdiri dari sampah plastik, karet, kaca, kayu dan sterofoam. Sampah anorganik yang terbanyak adalah plastik yang umumnya berasal dari bungkus makanan dan alat makan sekali pakai seperti sedotan.


Proses penimbangan dan pendataan sampah dari Pantai Muara Rejo

Dari kegiatan Blue Ecolomy Kedaireka matching Fund 2022 tersebut, diharapkan kegiatan bersih pantai serupa dapat berlanjut secara rutin baik di pantai Muara Rejo Desa Depok, maupun desa-desa pesisir lainnya di Kecamatan Batang.