(024) - 7474698 fpik@undip.ac.id

LABORATORIUM

Tropical Marine Biotechnology Laboratory

Tropical Marine Biotecnology merupakan Laboratorium yang terdapat di Gedung J Lantai 2 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP. Terdapat laboratorium Bakteri, Laboratorium Jamur, Laboratorium Senyawa dan Laboratorium Molekuler. Tropical Marine Biotechnology Laboratory memiliki alat alat yang lengkap dalam menunjang pembelajaran dan penelitian mahasiswa dan dosen.

TMB-Laboratorium Bakteri

Laboratorium Bakteri merupakan salah satu bagian laboratorium yang terdapat di Tropical Marine Biotechnology yang berguna untuk segala penelitian yang berhubungan dengan Bakteri seperti Sterilisasi, Isolasi, Inkubasi, Preparasi Sampel dan Destruksi. Laboratorium Bakteri memiliki alat alat seperti: Laminar Air Flow, Inkubator, Mikroskop, Shaker, Mikropipet, Colony Counter dan aat bahan lain yang mendukung penelitian. Laboratorium Bakteri dilengkapi dengan Air Purifier sebagai Sterilisasi udara guna mengurangi Kontaminasi.

TMB-Laboratorium Jamur

Laboratorium Jamur merupakan salah satu bagian laboratorium yang terdapat di Tropical Marine Biotechnology yang berguna untuk segala penelitian yang berhubungan dengan Jamur seperti Sterilisasi, Isolasi, Inkubasi, Preparasi Sampel dan Destruksi. Laboratorium jamur memiliki alat alat seperti: Laminar Air Flow, Inkubator, Mikroskop, Shaker dan alat bahan lain yang mendukung penelitian. Laboratorium jamur dilengkapi dengan Air Purifier sebagai Sterilisasi udara guna mengurangi Kontaminasi.

 

TMB-Laboratorium Molekuler

Laboratorium Molekuler merupakan salah satu bagian laboratorium yang terdapat di Tropical Marine Biotechnology yang berguna untuk segala penelitian yang secara Molekuler seperti Isolasi DNA, Amplifikasi DNA, Pemisahan Molekul, dsb. Laboratorium Molekuler memiliki alat alat seperti: Polymerase Chain Reaction (PCR), Laminar Air Flow, Inkubator, Elektroforesis, UV Doc, Mikropipet, dan alat bahan lain yang mendukung penelitian.

 

TMB-Laboratorium bahan hayati laut

Laboratorium Senyawa merupakan salah satu bagian laboratorium yang terdapat di Tropical Marine Biotechnology yang berguna untuk segala penelitian yang berhubungan dengan Larutan Senyawa. Laboratorium Senyawa memiliki alat alat seperti: Rotary Evaporator, Buret dan alat bahan lain yang mendukung penelitian. Terdapat larutan larutan kimia yang dapat digunakan untuk menunjang penelitian mahasiswa dan akademisi.

 

TMB-Ruang Preparasi dan Destruksi

Ruang Preparasi dan Destruksi merupakan ruangan di Tropical Marine Biotechnology Laboratory yang berguna untuk preparasi sampel sebelum masuk pada setiap lab, seperti pembuatan media, preparasi glassware, sterilisasi dsb. pada Ruang preparasi terdapat alat alat berupa: Glassware, Vortex, Magnetic Stirer, Kulkas Media, Oven, serta Autoclave dan Kompor yang dapat digunakan sebagai sterilisasi dan destruksi. Pada Ruang preparasi terdapat berbagai macam media kultur bakteri maupun jamur yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penelitian.

Gedung E – Laboratorium Kimia laut

Laboratorium Kimia merupakan laboratorium Ilmu kelautan yang terletak di Gedung E lantai 1, Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan UNDIP. Laboratorium Kimia digunakan dalam kegiatan praktikum dan penelitian oleh mahasiswa yang memiliki beberapa alat berupa: Buret, Glassware, Spectophotometer, dsb. Laboratorium Kimia memfasilitasi pengujian kimia dasar dan kimia analitik, meliputi pembuatan larutan standar, pelarutan dan penimbangan. Sedangkan kimia analitik meliputi analisa volumetri dan gravimetri.

 

Gedung E – Laboratorium Geologi

Laboratorium Geologi merupakan laboratorium Ilmu kelautan yang terletak di Gedung E lantai 1, Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan UNDIP. Laboratorium Geologi memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan riset berkaitan dengan parameter geologi laut. Laboratorium Geologi memiliki beberapa alat berupa: Dessicator, Furnace, membrane Filter Holder, Sediment Oven, Sheave Shaker dsb. Laboratorium ini adalah laboratorium bersama Program Studi Ilmu Kelautan dan Oseanografi, dan digunakan untuk menunjang perkuliahan dan praktikum mahasiswa pada mata kuliah Geologi dan Sedimentologi.